Virtual Library SMK Negeri 1 Denpasar, di bentuk berdasarkan penunjukkan sekolah SBI pada jurusan mesin. Sebagai salah satu syarat Sekolah Berstandar Internasional, harus memiliki perpustakaan berbasis web.

Perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar kedudukannya sejajar dengan sumber belajar lainnya seperti laboratorium, ruang praktek, atau ruang penunjang lainnya. Yang menjadi bagian integral dalam mendukung proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan sekolah yang bersangkutan.

Agar tujuan dan fungsi perpustakaan dapat tercapai sesuai dengan sasaran yang ditentukan dan kemajuan jaman maka dikembangkanlah perpustakaan berbasis web yang mengikuti perkembangan teknologi dan perkembangan kebutuhan. Pemanfaatan teknologi saat ini sudah sangat memungkinkan untuk membangun sebuah perpustakaan digital yang dapat diakses dari manapun dan kapan pun dengan menggunakan jaringan internet.

Dalam rangka pengembangan perpustakaan berkualitas guna mendukung proses belajar mengajar dan tercapainya mutu SMK, Virtual Library SMK Negeri 1 Denpasar mencoba hadir untuk meramaikan perpustakaan maya untuk menarik minat murid atau guru selaku pendidik untuk membuka atau mendownload bahan ajar sehingga sangat membantu dan memudahkan pengguna untuk mengaksesnya. Virtual Library SMK Negeri 1 Denpasar juga hadir dengan berbagai fitur yang dapat membantu proses pembelajaran siswa seperti penyediaan content modul normatif/adaptif maupun produktif, bank soal, dan beberapa fitur lainnya.

Faktor yang sangat penting dalam pengelolaan virtual library adalah adanya sumber daya manusia yang mempunyai kemampuan mengelolanya dan memberikan pelajaran kepada penggunanya. Dengan segala keterbatasan yang ada, kami mohon kritik dan saran. Semoga Virtual Library kita ini dapat bermanfaat seperti tujuan semula.



Kategori

Blog Stats

  • 40.745 hits